Kapolsek Kakas Sosialisasi Undang Udang Perlindungan Anak

Guna menekan angka kekerasan terhadap anak, dan menumbuhkan pengetahuan tentang peraturan perundanganya, Kapolsek Kakas IPTU A. Mamahit laksanakan sosialisasi bimbingan dan penyuluhan (Binluh) di desa sendangan Kecamatan Kakas (02/11/2018).
Acara yang seirama dengan tekat menciptakan kondisi kamtibmas ini diinisiatif oleh panitia penyelengara Pendeta James Lakoy, desa sendangan. Acara tersebut dihadiri oleh Pdt. James Lakoy, panitia penyelenggara dan warga masyarakat desa sendangan yang berjumlah sekitar 60 orang.
“Tujuan dengan diadakanya kegiatan ini untuk memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan tentang perlindungan terhadap anak, agar warga masyarakat mengerti dan memahami tentang bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak dan tata cara penanganan bila mengalami hal tersebut serta menumbuhkan rasa kasih sayang dan perhatian yang lebih kepada anak-anaknya serta anak-anak dilingkungannya masing-masing,” jelas Kapolsek Kakas IPTU A Mamahit
Materi pokok yang disajikan oleh Kapolsek Kakas adalah tentang pengetahuan terkait kekerasan terhadap anak dan himbauan untuk menjaga situasi Kamtibmas di desa tersebut.
Sebagaimana diketahui bersama, bahwa pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, yang mempertegas perlunya pemberatan sanksi pidana dan denda bagi pelaku kejahatan terhadap anak terutama kepada kejahatan seksual. Tujuannya adalah untuk memberikan efek jera, serta mendorong adanya langkah konkrit untuk memulihkan kembali fisik, psikis dan sosial anak.
Beberapa yang disinggung diantaranya pasal 76E UU, bahwa setiap Orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan, memaksa, melakukan tipu muslihat, melakukan serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul.
Selain itu disampaikan pula aturan sanksi pada Pasal 82 dimana bagi Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76E dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
Kapolsek Kakas Sosialisasi Undang Udang Perlindungan Anak Kapolsek Kakas Sosialisasi Undang Udang Perlindungan Anak Reviewed by Tribrata News Minahasa on Sabtu, November 03, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.