Korlantas Mabes Polri Nilai RSPA di Polres Minahasa


Tribratanews Minahasa, Tondano - Polres Minahasa kedatangan tim dari Korlantas Mabes Polri, Kamis (11/7/2019). Kedatangan dimaksud untuk melakukan penilaian terhadap Road Safety Partnership Action (RPSA) Polres Minahasa.
Kegiatan diawali dengan sambutan selamat datang oleh Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw SSos kepada tim yang dipimpin Kombes DR Bakharuddin Mohamad Syah SH SIK.
Wakapolres menjelaskan secara umum situasi wilayah Polres Minahasa dalam keadaan aman.
Sementara Ketua Tim Penilai RSPA yang pernah menjabat Kapolsek Kakas tahun 1996 lalu mengatakan mereka juga didampingi oleh akademisi dan peneliti Universitas Indonesia dengan Koordinator Ir Elen Tangkudung MSc.

"Kedatangan tim untuk melaksanakan penilaian soal RPSA yang bertujuan untuk mewujudkan Kamseltibcar Lantas dengan melibatkan unsur - unsur terkait," katanya.
Diharapkan seluruh komponen yang terlibat dalam RSPA agar senantiasa dapat bersinergi. Baik Polri dan TNI dari tingkat pusat hingga wilayah. Karena itu merupakan hal yang mutlak dilaksanakan sesuai garis komando dan berbeda dengan instansi lainnya yang hanya dapat melakukan koordinasi antara pusat dan daerah serta tidak dapat memerintahkan secara langsung.
"Pejabat Polri di daerah tidak dipilih oleh rakyat seperti Bupati/ Walikota. Namun Polri senantiasa siap mendukung program pemerintah. Sebaliknya Polri berharap Pemerintah Daerah juga dapat mendukung program yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri diantaranya program RSPA," tambahnya.
Kasat Lantas Polres Minahasa AKP Andrew Kilapong SE memaparkan bahwa tindak lanjut program RSPA telah berkoordinasi dengan Bupati Minahasa.
Terkait beberapa ruas jalan yang berstatus jalan propinsi, Satuan Lalu Lintas telah lakukan koordinasi dan menyurat kepada dinas PU Propinsi Sulut. Sedangkan upaya mengurangi Lakalantas pada masyarakat usia belia, Satuan Lalu Lintas Polres Minahasa telah melakukan sosialisasi dan penyuluhan di sejumlah sekolah dengan bekerja sama dinas Diknas Kab. Minahasa.
Lanjutnya bahwa jenis pelanggaran lalu lintas yang dominan di wilayah Polres Minahasa yaitu pengendara roda dua yang tidak menggunakan Helm pengaman. Tindakan penindakan pelanggar lalu lintas oleh petugas difokuskan pada lokasi ruas jalan kawasan tertib lalu lintas. Selain itu ada upaya peningkatan ketrampilan pengemudi Ambulans yang koordinasi dengan Dinas Kesehatan Minahasa.

Sementara Tangkudung mengatakan bahwa dapat mengupayakan peningkatan keselamatan anak sekolah. Kerja sama dengan Stakeholder swasta diperlukan untuk peningkatan kampanye kesadaran berlalu lintas. Perbanyak kegiatan sosialisasi tertib lalu lintas dengan pelibatan kaum milenial.

Hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Maesa Mapolres Minanasa, Kapolres AKBP M Denny I Situmorang SIK, Kasubdit Kamsel Dit Lantas Polda Sulut AKBP Fitria Gaga, Kaur Audit Subdit Audit dan Inspeksi Dit Kamsel Korlantas Polri Kompol Endang Patmini SH, Kasubag Renmin Dit Lantas Polda Sulut Kompol Linda Makal, Kaur Audit Subdit Audit dan Inspeksi Dit Kamsel Korlantas Polri Kompol Endang Patmini SH MH, Pamin Inspeksi Subdit Audit dan Inspeksi Dit Kamsel Korlantas Polri Ipda Ardiansyah, Staf Laboratorium Transportasi Universitas Indonesia S Nohan Rudrokasworo ST MT, pejabat Jasa Rahardja I Made Serija serta undangan lainnya.(humas)

Korlantas Mabes Polri Nilai RSPA di Polres Minahasa Korlantas Mabes Polri Nilai RSPA di Polres Minahasa Reviewed by admin on Jumat, Juli 12, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.