Polres Minahasa Gelar Rakor Ops Ketupat Pengamanan Idul Fitri


Tribratanews, Minahasa - Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK memimpin rapat koordinasi (Rakor) Operasi Ketupat Samrat Tahun 2020, dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1441 Hijiriah.



Rakor dilaksanakan di Ruang Maesa Mapolres Minahasa, Senin (18/05/2020) siang tadi, dan dihadiri PJU Polres, seluruh instansi terkait, baik dari unsur Pemerintah, TNI, MUI, Ansor, LMI, Pemuda Muhamadiyah serta perwakilan PLN.



Dalam arahannya, Kapolres mengatakan saat ini Polri sedang menggelar operasi, dengan tujuan untuk menjaga dan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka hari raya Idul Fitri 1441 Hijiriah. Dan mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19.



"Perlu disadari, kita belum mampu mengindentifikasi secara cepat dalam jumlah yang masif penularan Covid-19. Maka himbauan pemerintah seperti, social distancing dan phisikal distancing harus kita patuhi," kata Kapolres.



Dikatakannya, untuk memastikan teknis pengamanan, akan melihat perkembangan beberapa hari ini. "Teknisnya akan diputuskan pada pertemuan hari Rabu 20 Mei atau Kamis 21 Mei 2020," ungkap Kapolres.

Waka Polres Minahasa Kompol Farly Rewur SH MM dalam kesempatan tersebut mengatakan, persiapan pengamana kegiatan hari raya Idul Fitri harus dimatangkan, sehingga pelaksanaannya berjalan aman dan kondusif.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Sumidi SSos memaparkan situasi Kamtibmas dan kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri di wilayah hukum Polres Minahasa.

Ketua MUI Kabupaten Minahasa, Suyitno Kangiden meminta Polres melakukan silaturahmi ke setiap Masjid. "Hal ini juga dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan," kata Kangiden.

Dijelaskannya, mendasar Surat Edaran Menag RI Nomor 6 Tahun 2020 butir E. 8, menjelaskan bahwa pelaksanaan Sholat Id yang lazimnya dilaksnakan berjamaah baik di Masjid atau di Lapangan ditiadakan. Untuk itu diharapkan terbitnya Fatwa MUI menjelang waktu, dan  terbitlah Fatwa MUI No. 28 tahun 2020, tentang panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19.

"Dalam Fatwa tersebut ada pilihan zona kuning, merah, orange, dan hijau. Dengan dua opsi, yakni bebas tanpa penularan dan terkendali.
Sehingga dimungkinkan untuk pelaksanaan Shalal Idul Fitri dengan mengikuti protokol kesehatan," jelas Kangiden.

Kemudian Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupeten Minahasa, Janni Moniung SE menyampaikan teknis/pedoman dalam menjalankan ibadah bulan Ramadhan dan Idul Fitri, sudah ada pada surat edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020. "Surat edaran ini dikeluarkan dalam masa Pandemi Covid-19," ujar Moniung, seraya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari raya Idul Fitri 1441 Hijiriah.

Pasie Intel Kodim 1302 Minahasa, Kapten Inf Donny Lumenta menyampaikan bahwa pada prinsipnya pihaknya siap mendukung pelaksanaan pengamanan Polres dalam rangka perayaan Idul Fitri 1441 Hijiriah.

Kasat Pol PP Kabupaten Minahasa, Meidy Rengkuan SH MAP menyampaikan pihaknya akan menyesuaikan dengan kegiatan Polres.

Kemudian Sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa, Nancy Mawuntu memastikan stok Pangan dalam posisi aman dalam rangka Idul Fitri.

Kadis Kesehatan Minahasa, dr Maya Rambitan MKes menyampaikan, pihaknya siap menunjang pelaksanaan perayaan Idul Fitri, dengan berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19.

"Ditengah pandemi Covid-19 ini,  tanpa mengurangi rasa saling menghormati kerukunan antar umat beragama, mari kita mematuhi anjuran pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Karena kenyataannya masih ada kerumunan dan tidak menggunakan masker," sebut Rambitan.

Perwakilan PLN ULP Tondano, Edy Sudrajad mengatakan, pasokan listrik di Minahasa saat ini, masih dalam kondisi mencukupi untuk perayaaan Idul Fitri. Dengan kata lain, semua fasilitas kelistrikan siap operasi. "PLN tetap siaga 1x24 jam, dengan petugas dan armada yang selalu stand by di Call Center 123," kata Sudrajad.

Sekretaris LMI Minahasa, Carlo Pesik mengatakan bahwa pihaknya siap bersinergi dengan semua pihak, dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1441. "Kita harus lebih waspada dengan pandemi Covid-19," tuturnya.

GP Ansor, mewakili NU, Fahar Kiay Demak berharap Imam Besar Masjid Agung Al Falah Kiay Modjo Kampung Jawa Tondano, kiranya bisa memberikan arahan terkait dengan pelaksanaan Shalat Id di Kabupaten Minahasa secara menyeluruh.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Minahasa, Ir Hengky Kaunang menyampaikan siap memback up pelaksanaan pengamanan hari raya Idul Fitri. (humas)




Polres Minahasa Gelar Rakor Ops Ketupat Pengamanan Idul Fitri Polres Minahasa Gelar Rakor Ops Ketupat Pengamanan Idul Fitri Reviewed by Humas on Senin, Mei 18, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.